19 Februari 2016

Ilustrasi Kalender Owa Jawa 2016

Oktober lalu saya kembali bekerja sama dengan Ayu. Masih tentang owa jawa. Kali ini ilustrasi akan dijadikan sebagai kalender dinding berukuran A3. Mulanya, saya coba menuangkan konsep gambar yang diinginkan Ayu ke dalam coret-coretan/sketsa kasar. Kemudian lanjut ke tahap pembuatan ilustrasi. Proses pengerjaannya sekitar seminggu, melalui beberapa kali edit dan diskusi dengan Ayu via email. Setelah gambar jadi, desain dan tata letak diserahkan sepenuhnya ke Ayu. Menurut Ayu, rencananya kalender akan diberikan ke beberapa SD di sekitar Halimun, sebagai bagian penelitian Ayu dalam program kampanye mengenai owa jawa pada Februari 2016. 

 Sketsa awal

Ilustrasi kalender A3

Nah, tiga hari sebelum libur Imlek kemarin, saya dapat kabar dari Ayu kalau kalendernya sudah jadi. Ayu mau mengirimkan beberapa kalendernya buat kenang-kenangan serta bukti kalau gambarnya memang dicetak dan dijadikan kalender. Saya seneng banget, penasaran sama hasilnya. Sehari setelah libur Imlek, kiriman paket dari Ayu datang. Deg-degan, setelah dibuka paketnya saya langsung ketawa sendiri. Hasil cetakan & desainnya bagus! Ternyata ada sedikit perubahan pada gambarnya yang membuat tata letak tanggalnya menjadi rapi dan teratur, saya suka. Kata Ayu, tadinya dia mau buat font (huruf) kalendernya lebih besar tapi ngga tega nge-crop gambarnya. Hahaha. Makasih, Ayu! :D Karena dikirimi cukup banyak, jadi sebagian kalender saya bagi-bagikan ke sepupu-sepupu yang masih SD, juga ke adik saya buat ditempel di kelas tempat dia mengajar. Hihihi.


 Ibu guru Alvina dan murid kelas 2-nya, SDN Cipinang Muara 06 Pagi, Jakarta Timur

(FOTO: Alvina A.)

Kalendernya pun terpajang manis di ruang gambar saya. Si owa jawa dan teman-temannya bakal menemani saya menggambar selama sebelas bulan penuh!


Terima kasih banyak, Ayu! Senang sekali bisa menggambar buat kegiatan ini lagi. Semoga adik-adik di sana suka kalendernya dan tambah sayang sama owa jawa dan satwa lainnya. ^_^

4 komentar:

  1. Diaaan ... aku juga amazed nih sama Owa Jawa ini. Beberapa waktu yang lalu aku main ke Citalahab, liat Owa Jawa, dan banyak denger cerita tentang primata satu ini. Mereka family person, married for life, dan cara ngedidik anaknya mengagumkan banget.

    Btw, kalendernya lucuk banget. Gambar kamu keren as always ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deaaaa.. Senangnya bisa ngeliat langsung di sana. Aku liat owa jawa baru di Taman Primata Schumtzer, Ragunan. Hehehe. Bisa sekalian liat primata jenis lainnya. Iyaa, suara owa jawa juga merdu. Kira2 mereka zodiaknya apa ya? XD

      Terima kasih banyak, Dea! ^__^

      Hapus
  2. Uwaaa! Aku yang terima kasih mba dian, sudah mau diajak kerjasama lagi. Hihihi. Sabtu lalu kami bru ada kegiatan pendidikan lingkungan di 1 SD di gunung bunder mba, nanti fotonya aku kirim ya. Kegiatannya lanjut lagi sampai bulan depan. Semoga ga bosen mba dian kerjasama bareng aku. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ayu! Asiiikk, sukses buat kegiatannya ya.. Aku malah seneng banget kalau bisa diajak kerja bareng menggambar lagi :D

      Hapus